Aqiqoh Cibatu Purwakarta

+6281 5 1313 5 999, Penyedia Layanan Aqiqoh Cibatu Purwakarta Recommended untuk Putra-Putri Ayah Bunda.

Aqiqoh Cibatu Purwakarta

Aqiqoh Cibatu Purwakarta

Aqiqoh ialah hewan yang dipotong untuk anak yang baru lahir. Aqiqah yaitu salah satu sunnah muakadah yang dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya.

Afdlolnya, aqiqoh untuk laki-laki menyembelih 2 ekor domba / kambing yang setara jenis dan usianya, sedangkan untuk perempuan cukup satu ekor. Kalau memungkinkan, penyembelihan binatang aqiqoh dilaksanakan pada hari ke-7 setelah kelahiran sang anak, atau hari ke-14, atau ke-21. Apabila tidak memungkinkan, maka boleh kapan saja.

Akikah disyariatkan sebagai ungkapan rasa syukur pada Allah SWT atas nikmat berupa keturunan, dan itu semacam solidaritas sosial dalam Islam. Menurut kesepakatan para ulama ahli fiqh, persyaratan aqiqoh sama dengan syarat qurban.

Aqiqoh Cibatu Purwakarta

Aqiqoh Cibatu Purwakarta

Banyak penyedia layanan catering akikah Wilayah Purwakarta yang melayani layanan pelaksanaan ibadah aqiqoh bagi orang tua yang akan mengaqiqohkan bayinya dengan harga yang bersaing. Selain harus memperhatikan mutu yang terjamin, prosesi aqiqah pun wajib mengikuti fikih.

Jasa Layanan Akikah Purwakarta

Walaupun tidak sedikit layanan katering aqiqah dan penyedia domba qurban yang menyediakan catering aqiqah dengan harga bersaing, kita sebagai orang tua tak boleh sampai lengah dan terpancing cuma dengan biayanya yang murah saja, tetapi musti benar-benar mengutamakan segi syari’atnya juga.

Jika kita termasuk mengikuti madzhab fikih Imam Asy-Syafi’iy, maka harus mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku. Dari segi kondisi tubuh kambingnya yang harus sehat, tidak diperbolehkan cacat, matanya tak boleh buta walaupun hanya satu sisi, telinganya tidak boleh terpotong, tubuh ternaknya harus berisi, dan umur nya harus sudah memenuhi syarat.

Aqiqoh Cibatu Purwakarta

Tidak boleh (berakikah / berkurban) menggunakan gibas (wedus gembel) kecuali yang telah genap mencapai umur dua belas bulan sempurna memasuki bulan ke, demikian juga tak diperbolehkan onta yang kurang dari 5 (lima) tahun, sapi yang kurang dari 2 (dua) tahun dan kambing yang kurang dari 2 tahun penuh. Demikianlah yang ditetapkan dalam madzhab Imam Syafi’i dan para ulama syafi’iyah.

(Imam Abu Zakaria Yahya bin Syaraf bin Murii bin Hasan bin Husain bin Muhammad bin Jumuah bin Hisyam An-Nawawi Ad-Dimasyqi Asy-Syafii , Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab, cetakan Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, jilid ke-8 hal. 393)

Baca : Haruskah Melihat Langsung Penyembelihan Kambing Qurbannya?

Kecuali kalau tidak sanggup menyediakan hewan ternak yang memenuhi batas umur seperti Kami tulis di atas, diperbolehkan (berkurban dan beraqiqah) menggunakan domba (wedus gembel) berupa jadzaah atau yang berusia 6 (enam) bulan sempurna memasuki bulan ke tujuh, sebagaimana hadis Rosulullah SAW :

Dari Shahabat Jabir RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda,”Janganlah kalian menyembelih (hewan) kecuali telah musinnah. Kecuali jika terasa susah bagi kalian (dalam mencari hewan yang musinnah), maka sembelihlah jadzaah dari biri-biri .” (Hadis riwayat Muslim)

Hubungi AQIQAH.CO.ID untuk mendapatkan info paket aqiqah Purwakarta terbaru

Harus Kita tahu, bahwa aqiqoh sebetulnya yaitu sunah yang sangat ditekankan.

Berkaitan dengan waktu pelaksanaannya, para ulama ahli fiqh sependapat, bahwa waktu yang paling afdhol untuk melakukan akikah yakni hari ke-7 setelah hari lahirnya, berdasarkan hadits Rosulullah SAW yang diriwayatkan oleh para Sahabat. Untuk mengetahui metode menghitungnya, diawali sejak hari kelahiran, kemudian ditambah 6 (enam) hari selanjutnya.

Namun, jikalau tak bisa, maka aqiqah diperbolehkan dilaksanakan setelah itu hingga kondisinya memungkinkan, meskipun si kecil sudah berumur dewasa. Hal ini berlandaskan pada perbuatan Nabi Muhammad shollahu ‘alaihi wa sallam, dimana Beliau mengaqiqahi diri Beliau sendiri disaat Beliau telah mencapai umur dewasa. Imam Thobrani meriwayatkan hadits yang menjadikan landasan kesimpulan ini,

Bahwa, setelah Nabi shollahu ‘alaihi wa sallam diutus menjadi Nabi, Beliau beraqiqoh untuk diri Beliau sendiri. (Hadis ini dinilai shahih oleh Syaikh Albani, dalam Silsilah As-Shahihah).

Karena hal itu pendapat ini yang Kami anggap kuat diantara persilangan pendapat ulama ahli fiqh yang ada dalam persoalan ini. Riwayat di atas, juga memperlihatkan diperbolehkannya seseorang beraqiqah untuk dirinya sendiri, jika bapak dan ibunya belum mengaqiqohinya sewaktu kecil atau karena orang tuanya tidak sanggup dalam menunaikan akikah untuknya.

Aqiqoh Cibatu Purwakarta

Cara pengerjaannya harus mengikuti ketentuan yang sudah diatur sehingga ibadah yang disunnahkan itu bisa mendatangkan pahala dan kebarokahan untuk si kecil, orang tua, sanak saudara, keluarga dan orang-orang yang hadir.

Untuk Ayah dan Bunda yang belum faham bagaimana sesungguhnya tata cara aqiqah dilakukan, silahkan simak keterangan di bawah ini!

Apa Saja Prasyarat Ketika Menjalankan Ibadah Aqiqoh?

Kalau hanya sekedar mengerjakan aktifitas penyembelihan domba atau kambing saja tanpa menta’ati ketentuan hukum fiqhnya, bisa jadi aqiqah yang dilakukan tidak sah secara syari’ah. Ada beberapa ketentuan yang wajib ditaati supaya ibadah aqiqohnya sesuai dengan ketentuan fikih, yakni :

Jasa Layanan Katering Aqiqoh Purwakarta

1. Banyaknya Kambing-Domba Aqiqahnya

Banyaknya kambing/domba yang dijadikan sebagai hewan akikah anak laki-laki berbeda dengan anak perempuan. Aqiqoh untuk anak laki-laki yaitu dua (2) ekor domba / kambing. Sedangkan anak perempuan hanya seekor kambing saja.

Prosesi pemesanan, penyembelihan, hingga proses pengolahan daging kambing dapat dengan gampang Ayah & Bunda serahkan pada AQIQAH.CO.ID. Dengan begitu, Ayah dan Bunda masih tetap bisa beraktifitas tanpa dipusingkan dengan bermacam-macam urusan pemotongan.

Hubungi AQIQAH.CO.ID untuk mendapatkan info paket aqiqah terbaru

2. Kondisi Fisik Kambing – Domba Aqiqahnya

Keadaan badan ternak yang dijadikan sebagai hewan akikah seharusnya dalam keadaan sehat dan tidak cacat. Paling tidak usia enam (6) bulan untuk jenis biri-biri . Sedangkan untuk hewan akikahkambing jawa setidaknya sudah umur 12 (dua belas) bulan.

Aqiqoh Cibatu Purwakarta

Walaupun demikian itu, pendapat umum supaya mendapatkan yang utama ialah untuk hewan aqiqoh jenis gibas (wedus gembel) paling tidak sudah usia 12 bulan. Sementara untuk kambing setidaknya telah berusia 2 (dua) tahun genap, memasuki tahun ketiga. Permasalahan ini sudah kami cantumkan di atas.

Baca : Domba Dan Kambing Untuk Aqiqoh Dan Kurban Harus Sehat Dan Tidak Cacat

Beberapa Amalan Ketika Mengerjakan Acara Akikah

Untuk mengerjakan aqiqoh, Anda harus tahu tata cara apa saja yang seharusnya dikerjakan supaya rangkaian proses aqiqohnya dapat lancar dan sah. Adapun tata cara aqiqoh yaitu :

I. Mencukur Rambut Bayi

Tatacara pertama yang sepatutnya dikerjakan yaitu dengan mencukur rambut sang buah hati sampai habis. Hal itu dilakukan dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

  • Sebelum mulai memotong, diawali dengan membaca do’a lebih dulu.
  • Sesudah itu, pencukuran rambut dikerjakan mulai dari sisi kanan ke kiri.
  • Pastikan seluruh rambut dipotong habis tanpa ada sisa.
  • Nantinya, seluruh rambut hasil potongan tadi ditimbang. Belikan emas seberat rambut yang dicukur dan diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Sesudah ini dikerjakan dengan maksud melepaskan sang anak dari setan yang menggoda dan menyertainya saat lahir.

Aqiqoh Cibatu Purwakarta

II. Memberi Nama Pada Si Kecil

Sesudah pencukuran rambut selesai dilakukan, berikan nama pada anak Ayah Bunda. Beri nama yang bagus disertai do’a dan harapan Ayah & Bunda terhadap anak. Berikanlah nama yang terbaik, baik itu panggilan maupun nama lengkapnya.

III. Memotong Domba Aqiqoh

Selanjutnya adalah menyembelih hewan aqiqah sebagai wujud syukur atas anugerah yang telah dianugerahkan oleh Allah ‘azza wa jalla kepada kita. Penyembelihan hewan aqiqah ini dapat Ayah & Bunda wakilkan pada Kami yang akan menyiapkan semua keperluannya sampai dengan pengolahan makanannya.

IV. Makan Bersama

Aqiqah yaitu adanya rasa bahagia atas lahirnya penerus yang sepantasnya dirayakan dengan rasa senang. Ini dikerjakan dengan menikmati sebagian daging aqiqah bersama keluarga, kerabat, dan orang yang hadir

Hubungi AQIQAH.CO.ID untuk mendapatkan info paket aqiqah terbaru

V. Doa

Setelah selesai seluruh tahapan kegiatan aqiqah, panjatkanlah doa untuk si kecil yang baru lahir. Mohonkan kebaikan kepada Allah SWT kepadanya dan dihindarkan dari godaan syaithon selama hidup.

Pesan Jasa Catering Aqiqoh Dan Kambing Dan Domba Qurban di AQIQAH.CO.ID

Tidak usah khawatir, ada beberapa pilihan hewan untuk akikah dan kurban, menu olahan daging akikah yang dapat Anda pesan. Menu olahan seperti sate, gulai, sop, sampai nasi kebuli dapat Ayah Bunda pesan. FREE ongkir untuk Area Purwakarta.

Hubungi AQIQAH.CO.ID untuk mendapatkan info paket aqiqah terbaru

Menyambut kelahiran si kecil yang baru lahir memang harus membawa suka ria dan kebarokahan bagi keluarga dan orang-orang sekitar. Hal itu bisa Ayah Bunda percayakan pada AQIQAH.CO.ID untuk kelancaran prosesi aqiqoh keluarga Anda.

Semoga postingan Akikah Purwakarta ini dapat membantu Anda dalam memilih katering aqiqah yang terbaik di Purwakarta. Selamat mempersiapkan Aqiqoh dan semoga menjadi ibadah yang diterima oleh Allah SWT. Allahuma aamiin…

Yuk, pilih penyedia jasa catering aqiqoh yang profesional dan terpercaya! Karena sahnya ibadah aqiqah putra putri Ayah & Bunda bermula dari lembaga aqiqohnya yang amanah! Yaitu Aqiqoh Purwakarta

Butuh bantuan? Hubungi AQIQAH.CO.ID sekarang