Akikah Sobang Pandeglang

Mencari penyedia jasa layanan catering aqiqah dan penyedia kambing qurban untuk area Pandeglang yang sangat recommended?

Akikah Sobang Pandeglang

Penyedia Jasa Aqiqoh Pandeglang

Menurut bahasa, aqiqoh adalah sebutan untuk rambut yang berada di kepala si anak ketika dia lahir. Sedangkan berdasarkan terminologi, aqiqah memiliki arti sesuatu yang dipotong ketika mencukur kepala si bayi. Akikah dinamakan dengan sebabnya sebab menyembelihnya berarti (يُعَقُّ), yakni memotong, sedangkan rambut kepala si anak dipotong pula pada saat itu. (Lihat Mughnil Muhtaj ila Ma’rifati Ma’ani Alfadhi Al Minhaj Syarh Minhaj Ath Thalibin, karya Muhammad bin Al Khatib Asy Syarbini, 4/390)

Akikah Sobang Pandeglang

Jasa Katering Aqiqoh dan Penyedia Kambing Kurban Daerah Pandeglang

Sudah cukup banyak penyedia jasa layanan catering akikah Wilayah Pandeglang yang melayani jasa pelaksanaan prosesi aqiqoh untuk para orang tua yang akan mengakikahkan anaknya dengan harga murah. Selain harus mengutamakan kwalitas, prosesi acara aqiqoh juga harus mengikuti syari’ah.

Akikah Sobang Pandeglang

Meskipun banyak yang menyediakan catering aqiqah dengan harga terjangkau, para orang tua tidak boleh sembarangan dan tergiur cuma dengan biaya murahnya saja, tapi juga harus mengutamakan hukum syariatnya.

Jikalau Kita ialah pengikut madzhab fikih Imam AsySyafiiy, maka seyogyanya menjalankan aturan fikih Imam AsySyafiiy. Dari keadaan tubuh domba / kambingnya yang harus sehat, tak boleh cacat, matanya tidak diperbolehkan yang picek (buta) walaupun cuma sebelah, daun telinganya tak boleh terputus, harus gemuk, dan umur ternaknya harus sudah mencukupi.

Akikah Sobang Pandeglang

Tak sah (beraqiqoh atau berkurban) menggunakan hewan berupa domba (wedus gembol) kecuali sudah berusia 1 tahun sempurna memasuki bulan ke-13 (tiga belas), demikian pula tak diperkenankan unta yang tak sempurna mencapai umur 5 tahun, sapi yang tak genap mencapai usia 2 tahun dan kambing yang tak mencapai umur 2 tahun penuh. Demikianlah yang ditetapkan oleh Imam Asy-Syafi’i dan para ulama syafi’iyah.

(Al-Imam Al-‘Allamah Al-Faqih An-Nawawi Ad-Dimasyqi Asy-Syafi’iy , dalam kitab Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab, terbitan Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, jilid kedelapan halaman 393)

Baca : Bobot Hewan Ternak Yang Ideal Untuk Akikah / Kurban

Terkecuali apabila tidak mampu membeli hewan ternak yang ideal, diperbolehkan (berakikah dan berkurban) dengan hewan berupa biri-biri (wedus gembol) jadza’ah atau yang berumur enam bulan memasuki bulan ketujuh, sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW :

Diriwayatkan Jabir rodliyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda,”Janganlah kalian memotong (hewan) kecuali yang musinnah. Kecuali bila kalian merasa sulit (dalam mencari ternak yang musinnah), maka sembelihlah jadza’ah dari gibas (wedus gembol).” (Hadist riwayat Imam Muslim)

Hubungi AQIQAH.CO.ID untuk mendapatkan info paket aqiqah Pandeglang terbaru

Harus Kita ketahui, bahwa aqiqah sebenarnya yaitu sunnah muakkadah.

Terkait dengan waktu pelaksanaannya, para ulama ahli fiqh sepakat, bahwa waktu yang paling afdhol untuk menjalankan akikah yakni hari ke-7 pasca kelahiran sang anak, menurut hadits Nabi Muhammad shollahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh para Sahabat. Untuk mengetahui metode menghitungnya, diawali semenjak hari lahirnya, kemudian ditambah 6 hari berikutnya.

Tetapi, bila tidak sanggup akikah pada hari ke-7, maka aqiqoh boleh dilaksanakan sesudah itu sampai ada kemampuan, walaupun si kecil sudah mencapai umur dewasa. Hal itu berlandaskan pada perbuatan Nabi shollahu ‘alaihi wa sallam, yang mana Beliau mengaqiqahi diri Beliau sendiri saat Beliau telah berumur dewasa. Imam Tabrani meriwayatkan hadis yang menjadikan landasan kesimpulan ini,

Bahwa, sesudah Nabi Muhammad SAW diutus menjadi Nabi, Beliau mengaqiqohi diri Beliau sendiri.

Maka dari itu pendapat ini yang kami nilai kuat diantara perbedaan pendapat para ahli fikih untuk problem ini. Riwayat di atas, juga memperlihatkan bolehnya seseorang berakikah untuk dirinya sendiri, jikalau ayah dan ibunya belum mengaqiqohi dirinya diwaktu kecil atau sebab ayah dan bundanya tidak mampu dalam menunaikan aqiqah untuknya.

Akikah Sobang Pandeglang

Cara pelaksanaannya semestinya memperhatikan syari’at yang telah ditetapkan sehingga ibadah yang disunahkan tersebut bisa mendatangkan pahala dan kebarokahan untuk sang anak, orang tua, sanak saudara, keluarga besarnya beserta orang-orang yang ada di sekitarnya.

Bagi Ayah & Bunda yang belum memahami seperti apa hakekatnya cara akikah dilaksanakan, silakan baca pembahasan berikut ini!

Apa Saja Prasyarat Dalam Menjalankan Aqiqoh?

Seandainya hanya sekedar mengerjakan penyembelihan kambing saja dengan tanpa memperhatikan ketentuan hukum syari’ahnya, bisa saja aqiqah yang dilakukan tidak sah secara syari’at. Ada beberapa syarat yang mesti diperhatikan supaya ibadah aqiqahnya sah menurut ketetapan hukum syari’ah, yaitu sbb. :

Akikah Sobang Pandeglang

1. Jumlah Kambing Dan Dombanya

Banyaknya kambing-domba akikahnya anak laki-laki tidak sama dengan perempuan. Akikah untuk bayi laki-laki ialah 2 ekor kambing atau domba. Sedangkan anak perempuan cukup cuma dengan satu (1) ekor saja.

Sekarang ini, prosesi pengorderan, penyembelihan, sampai proses memasak daging kambing bisa dengan mudah Ayah Bunda serahkan pada Kami. Dengan semacam itu, Anda masih tetap bisa berkegiatan tanpa disibukkan dengan bermacam-macam urusan pemotongan hewan akikahnya.

Hubungi AQIQAH.CO.ID untuk mendapatkan info paket aqiqah terbaru

2. Kondisi Fisik Hewan Ternak Aqiqohnya

Keadaan ternak yang digunakan untuk akikah mesti dalam keadaan sehat dan tidak cacat. Paling tidak berusia 6 bulan untuk jenis biri-biri (wedus gembol). Sedangkan untuk kambing jawa minimal telah berumur dua belas (12) bulan.

Akikah Sobang Pandeglang

Meskipun semacam itu, pendapat umum yang paling utama yaitu untuk gibas (wedus gembel) paling tidak telah usia dua belas bulan. Sedangkan untuk hewan aqiqah jenis kambing paling tidak sudah berusia 2 tahun. Persoalan ini sebagaimana yang telah Kati jelaskan di atas.

Baca : Mana Yang Lebih Afdlol (Lebih Utama) Antara Domba Jantan Atau Betina?

Beberapa Amalan Pada Waktu Menjalankan Ibadah Akikah

Untuk mengerjakan aqiqoh, Ayah dan Bunda semestinya tahu cara apa saja yang seharusnya dilakukan agar rangkaian proses aqiqahnya bisa sempurna dan sesuai syariah. Adapun tata cara aqiqah yaitu :

I. Mencukur Rambut

Tatacara pertama yang patut dilakukan yakni dengan mencukur rambut bayi sampai habis. Hal itu dikerjakan dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

  • Sebelum memotong rambut, dimulai dengan baca doa lebih dahulu.
  • Sesudah itu, pencukuran rambut dilakukan mulai dari sisi kanan ke kiri.
  • Pastikan semua rambut dicukur habis tanpa menyisakan sisa.
  • Nantinya, semua potongan rambut ditimbang. Belikan emas seberat rambut yang dicukur dan disedekahkan ke orang yang membutuhkan.

Sesudah hal itu dilakukan dengan maksud melepaskan si kecil dari belenggu godaan setan yang menggoda dan menyertainya pada saat lahir.

Akikah Sobang Pandeglang

II. Menamai Bayi

Setelah pemotongan rambut selesai dilakukan, silakan beri nama pada si kecil Ayah Bunda. Berikan nama yang baik disertai doa dan harapan Anda terhadap sang anak. Berikanlah nama yang terbaik, baik itu untuk panggilan ataupun nama panjangnya.

III. Menyembelih Domba atau Kambing Aqiqoh

Selanjutnya yaitu memotong domba-kambing akikah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Penyembelihan kambing aqiqah ini dapat Ayah & Bunda wakilkan kepada penyedia layanan catering akikah dan penyedia kambing dan domba qurban yang menyediakan layanan aqiqoh Pandeglang yang akan menyiapkan semua kebutuhannya hingga dengan pengolahan hidangannya.

IV. Makan Bersama

Akikah ialah ungkapan rasa syukur atas lahirnya penerus yang selayaknya dirayakan dengan rasa bergembira. Ini dilakukan dengan memakan sebagian daging aqiqah bersama keluarga, sanak saudara, beserta orang-orang yang hadir

Hubungi AQIQAH.CO.ID untuk mendapatkan info paket aqiqah terbaru

V. Akhiri dengan Do’a

Setelah selesai seluruh rangkaian kegiatan aqiqoh, panjatkanlah doa untuk anak yang baru lahir. Mohonkan kebaikan kepada Allah SWT untuknya dan dijauhkan dari godaan setan selama hidup.

Pesan Jasa Layanan Katering Akikah Dan Domba Qurban di AQIQAH.CO.ID

Tak perlu khawatir, ada beberapa hewan ternak untuk akikah dan qurban, menu olahan kambing aqiqah yang bisa diorder oleh Anda. Makanan seperti rendang, semur, sop, sampai nasi kebuli bisa Ayah Bunda order. FREE ongkir untuk Daerah Pandeglang.

Hubungi AQIQAH.CO.ID untuk mendapatkan info harga terbaru

Menyambut lahirnya anak yang baru lahir memang harus membawa kebahagiaan dan keberkahan bagi keluarga. Semua dapat Ayah dan Bunda percayakan pada Aqiqah Pandeglang demi kelancaran ibadah akikah keluarga Ayah Bunda.

Semoga artikel Kami ini dapat membantu Ayah & Bunda dalam memilih layanan Akikah yang terbaik di Pandeglang. Selamat mempersiapkan ibadah Akikah, semoga menjadi ibadah yang diterima oleh Allah SWT. Allahuma aamiin…

Butuh bantuan? Hubungi AQIQAH.CO.ID sekarang